Kissah dan Pendidikan (Sebuah Studi tentang Tema)

Ismail Lubis
State Islamie University (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI: https://doi.org/10.14421/ajis.1990.043.64-77

Abstract


Konsep Ki Hajar Dewantara tentang Tahap Perkembangan pada pokoknya adalah: 1. Masa Wiraga atau masa anak-anak 2. Masa Wirama atau masa Remaja dan 3. Masa Wirasa atau masa Dewasa Dalam hubungannya dengan penelitian di Sekolah Dasar, ternyata sebagian di antara anak-anak SD berada dalam tahap Wiraga-Wirama Maka menurut Ki Hajar, di samping kegiatan-kegiatan Wiraga, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan-Wirama pun perlu mendapat perhatian bagi keberhasilan pendidikan, sebab dengan Wirama yang tepat akan menghasilkan prestasi yang gemilang. Memperhatikan tahap-tahap perkembangan diatas jelas merupakan hal yang amat esensial dalam dunia pendidikan. Di samping pentingnya kisah dalam pendidikan, maka tahap-tahap perkembangn pun perlu dikaji dan disesuaikan. Inilah yang hendak dikemukakan dalam pembahasan ini.

 


Full Text:

PDF




Copyright (c) 2022 Ismail Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.